Wednesday 1 April 2015

Sejarah Menara Eiffel

Assalamu'alaikum wr. wb

Bang Jal || Selamat malam sahabat bang jal, sekarang kita berbicara sedikit tentang sejarah dan kisah-kisah tragis menara Eiffel. Kita juga harus banyak tau tentang sejarah-sejarah dunia untuk menambahkan ilmu dan dan bisa jadikan pengalaman.

Sejarah Menara Eiffel
Sumber:Google Gambar
Berbicara menyangkut menara Eiffel, siapa yang tidak tahu apa itu menara Eiffel ? Menara Eiffel yang dibangun di kota Paris sebagai Ibukota dari negara Perancis pada 31 Maret 1887 dan selesai pada tahun 1889, ternyata banyak menyimpan peristiwa-peristiwa tragis. Menara yang saat ini sudah berumur 126 tahun ini awalnya menerima penolakan pembangunan dari warga setempat dengan alasan dianggap berbahaya ketika roboh, seharusnya menara Eiffel dibongkar setelah 20 tahun dibangun, tetapi warga yang semulanya menolak keberadaan menara Eiffel justru berbalik pemikiran karena keberadaan menara tersebut menjadi suatu mahakarya dan juga membawa keuntungan bagi imej kota Paris.

Menara Eiffel juga menyimpan kisah tragis lainnya, seperti kisah yang dialami oleh Franz Reichelt, dia merupakan seorang penemu parasut. Pada saat itu ingin menguji coba jaket parasut yang diciptakannya dengan cara melompat terjun dari lantai 3 menara Eiffel yang tingginya 276 meter. Namun apa yang terjadi ? Jaket parasut yang dirancangya tidak berfungsi, Reichelt terjatuh ke tanah yang saat itu dilumuri salju. Ia segera dilarikan ke rumah sakit terdekat, namun nyawanya tidak bisa di tolong. Biarpun begitu, karyanya lalu dikembangkan menjadi baju parasut yang digunakan oleh para pilot dan awak pesawat.

Kisah menarik lain terkait Eiffel adalah ketika zaman Perang Dunia II. Ketika Prancis Nazi, Adolf Hitler ingin naik Eiffel untuk melihat pemandangan. Tapi kabel lift menara putus karena dipotong tentara Prancis. Kabarnya, Hilter nekat memanjat Eiffel hingga puncak, dan masih banyak lagi kisah-kisah misteri lainnya.

Sekilas Tentang Menara Eiffel

Menara Eiffel dirancang oleh seorang arsitektur yang bernama Gustave Alexandre Eiffel, pertama kali dibangun pada tanggal 31 maret 1887 dengan masa pembangun selama dua tahun ( 1887-1889 ). Awalnya dibangun sebagai salah satu peserta pameran mahakarya dunia l’Exposition Universelle di Paris yang digelar bertepatan dengan 100 tahun Revolusi Prancis, lalu menjadi monumen nasional di negara Paris.

Terdiri dari 3 lantai, lantai pertama dengan ketinggian 57 meter, lantai kedua dengan ketinggian 115 meter, lantai ketiga dengan ketinggian 276 meter. Jumlah ketinggian seluruhnya 312.27 meter, ditambah antena menjadi 324 meter, meski terlihat kokoh, menara ini sebenarnya masih bisa sedikit digoyahkan ketika hari sedang berangin. Bahkan pada tahun 1999, angin ribut telah menyebabkan menara bergerak 13 cm dari kedudukan asalnya. Malah pernah terjadi, akibat Matahari, Eiffel sedikit condong hingga 18 cm.

Nah itulah sedikit dari pengetahuan sejarah tentang Menara Eiffel, mudah-mudahan bermanfaat bagi anda. Terimakasih & wassalam.

Informasi dan sumber: News.liputan6.com

2 Apa Komentar Anda ?

Terimakasih telah berkunjung.
Komentarlah yang sesuai dengan pembahasan.
Anda juga bisa memberikan kritik, saran dan masukan lainnya.
Dilarang keras membagikan link pada komentar !!!

DIMOHONKAN untuk menuliskan keyword tentang artikel pada komentar !!!

Terimakasih !!!