Thursday 2 June 2016

Kelebihan Dan Keutamaan I’tikaf

apa itu itikaf ?, faidah ber’itikaf, mesjid yang paling utama di dunnia, masjid, ibadat di mesid, pengertian rumah Allah, syarat itikaf, anjuran itikaf.
Sumber: Google Gambar

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

BLOG BANG JAL || Mesjid merupakan rumah Allah tetapi bukan bermakna seperti rumah makhluk, karena Allah tidak membutuhkan rumah (tempat) dan jika Allah membutuhkan kepada tempat, maka itu merupakan salah satu sifat yang mustahil bagi Allah, pengertian dari rumah Allah yaitu tempat bagi kita sebagai hamba untuk mendekatkan diri dengan Sang Pencipta. Selain itu, mesjid juga merupakan salah satu tempat yang mulia di sisi Allah. Diantara semua mesjid-mesjid yang ada di dunia ini terdapat beberapa mesjid yang lebih mulia, yakni derajatnya lebih unggul daripada mesjid-mesjid yang lain di muka bumi ini, yaitu mesjid al-Haram (Masjidil Haram al-Mukarramah) yang berada di mekkah, mesjid al-Aqsha yang berada di Palestina[.....]

Sekali melakukan ibadah di mesjid yang telah disebutkan di atas lebih banyak pahalanya ketimbang melakukan ibadah di mesjid-mesjid lain, melakukan ibadah di mesjid lebih baik daripada melakukan ibadah di tempat lain.

Ada satu ibadah yang hanya ada di dalam mesjid, yaitu I’tikaf, i’tikaf artinya berhenti atau berdiam diri di dalam mesjid dengan niat I’TIKAF, hal ini hanya berlaku di dalam mesjid saja. Baik itu mesjid jami’ ataupun mesjid ghairu jami’.

Mesjid jami’k artinya mesjid tempat berhimpun ummat islam untuk melaksanakan ibadah, lebih ringkasnya adalah mesjid yang dilaksanakan fardhu jum’at di dalamnya. Sedangkan mesjid ghairu jamik artinya mesjid yang tidak diadakan fardhu jumat di dalamnya seperti contoh kita membangun sebuah kamar khusus untuk melaksanakan ibadah di rumah kita lantas kita niatkan untuk dijadikan sebagai mesjid. Nah disana kita bisa ber-i’tikaf.

Dalam kitab Sirus Salikin Jil. 3 Hal. 16 pada bagian luarnya disebutkan banyak sekali faedah-faedah dan hadits-hadits Rasulullah saw. mengenai kelebihan ber-i’tikaf. Nanti akan saya tuliskan seperti pemahaman saya dengan catatan bagi anda pembacanya untuk merujuk kembali pada kitab yang telah saya sebutkan. Sebelum kita lanjutkan ke bagian hadits-hadits nabi, ada baiknya kita ketahui dulu bagaimana niat i’tikaf yang benar;

“Sahaja Aku Ber-I’tikaf Di Dalam Mesjid, Sunat Karena Allah Subhanahu Wa Ta’ala”
--------------

Hadits Nabi Tentang I'tikaf Dalam Mesjid

Hadits yang shahih, “Bahwasanya Nabi Muhammad saw. selalu ber-i’tikaf di dalam mesjid pada malam 1-10 bulan ramadhan, malam 11-20 bulan ramadhan dan malam 21-akhir bulan ramadhan”. Berarti Rasulullah selalu ber-i’tikaf pada malam bulan puasa. Baca Juga;Keistimewaan Bulan Ramadhan

Dalam hadits yang lain diriwayatkan “Barangsiapa ber-i’tikaf dengan batas waktu antara dua kali diperah susu unta, seolah-olah ia sudah memerdekakan seorang hamba sahaya/budak”. Apalagi kalau kita berlama-lama di dalam mesjid ?

Hukum ber-i’tikaf itu sendiri adalah sunat muakkad yakni sunnat yang sangat dianjurkan setiap saat dan disunatkan pula ber-i’tikaf pada malam 21-malam terakhir bulan ramadhan karena untuk menanti malam Lailatul Qadr.

Banyak sekali faedah yang kita dapatkan dari i’tikaf ini, hanya berdiam diri saja di dalam mesjid kita sudah mendapatkan pahala dengan catatan jangan lupa niatnya. Apalagi kita melakukan ibadah-ibadah yang lain, pasti pahalanya berlapis-lapis diberikan oleh Allah untuk kita. Allah Maha Pengasih dan Allah Maha Penyayang kepada makhluk-Nya.

Ironinya yang kita lihat dalam kehidupan masyarakat, kita hanya masuk mesjid pada hari Jum’at saja, itupun hanya dilakukan oleh sebagian orang. Kita selalu menjauhkan diri dari mesjid dan otomatis kita juga telah menjauhkan diri kita dari Allah Swt. Kita lebih gemar pada tempat-tempat hiburan yang tidak berfaedah untuk akhirat. Padahal fasilitas di mesjid semuanya gratis dibandingkan dengan tempat-tempat hiburan. Mungkin ini juga merupakan salah satu tanda kiamat.

Semoga kita selalu dilindungi oleh Allah dan mudah-mudahan artikel saya ini bermanfaat bagi semua orang terutama bagi saya sendiri, cukup sekian dan terimakasih serta jangan lupa komentar, kritik dan saran anda untuk saya.

Tag, apa itu itikaf ?, faidah ber’itikaf, mesjid yang paling utama di dunnia, masjid, ibadat di mesid, pengertian rumah Allah, syarat itikaf, anjuran itikaf, masjid.

Baca Juga !!!

Terimakasih telah berkunjung.
Komentarlah yang sesuai dengan pembahasan.
Anda juga bisa memberikan kritik, saran dan masukan lainnya.
Dilarang keras membagikan link pada komentar !!!

DIMOHONKAN untuk menuliskan keyword tentang artikel pada komentar !!!

Terimakasih !!!