Wednesday 25 May 2016

Rahasia Keistimewaan Bulan Ramadhan

ramadan, romadon, romadhon, romdan, ramdan, ramdhan, puase, wisol, ngambleng, inspirasi ramadan, gema ramadan, ngabuburit.
Sumber: Blog Bang Jal™

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته


BLOG BANG JAL™ || Allah menciptakan hari yang diketuai oleh hari jumat yakni hari yang mulia, bulan juga memiliki ketua atau penghulu dari segala bulan yakni bulan ramadhan. Bulan ramadhan ini memiliki keistimewaan dan kelebihan yang sangat banyak diantara bulan-bulan yang lain. Diantaranya, pada bulan ramadhan terdapat shalat tarawih pada malamnya sebanyak 20 raka’at dan juga terdapat satu malam yang dinamakan “Lailatul Qadr”. 

Bulan ramadhan sering kita kenali dengan bulan yang penuh berkah dan keampunan, namun tahukah anda rahasia-rahasia lain yang terdapat pada bulan ramadhan ? Nah, pada kesempatan ini kami akan sharing seputaran bulan ramadhan yang saya ambil langsung dari kitab “Sirus Salikin” jil. 1 hal. 122 pada bagian dalamnya. Dalam kitab ini banyak sekali dicantumkan hadits Rasulullah saw. mengenai bulan puasa. 

Tetapi ada satu hal yang perlu diingat untuk bisa mencapai semua kelebihan yang telah dijanjikan oleh Allah dan RasulNya dalam puasa, yakni kita harus berpuasa dengan benar-benar dengan tiada cacat seperti halnya kita berpuasa tetapi masih melakukan perbuatan yang dapat mengurangi pahala puasa kita.

Hadits Nabi Tentang Kelebihan Puasa Ramadhan

Rasul bersabda “Andaikata kamu (hai ummat-ummatku) ketahui kelebihan dari bulan puasa, sungguh semua bulan yang sudah diciptakan pasti akan kamu cita-citakan untuk dijadikan bulan puasa”. Dari hadits yang singkat ini dapat kita pahami betapa mulianya bulan puasa tersebut. 

Berpuasa menjadi penyebab mulut kita menjadi bau yang tidak sedap, dikarenakan perut yang kosong. Mengenai hal ini Rasulullah berkata “Demi tuhan yang telah menjadikan aku dengan tangan QudratNya, bau mulut orang yang berpuasa itu sangat harum bagi Allah Ta’la bahkan melebihi harumnya minyak kasturi”. 

Dalam hadits yang lain “Ada sebuah surga yang diberi nama “Ar-Riyaan”, surga itu telah dijanjikan oleh Allah sebagai balasan kepada orang-orang yang menunaikan ibadah puasa”. Hadits berikutnya dari Rasulullah saw. “Sesungguhnya pintu langit dan pintu surga dibuka sejak malam pertama bulan ramadhan dan tiada ditutup hingga pada malam terakhir bulan ramadhan. Dan Allah memberikan kepada hambaNya yang laki-laki maupun perempuan yang sembahyang pada malam bulan ramadhan pada satu kali sujud dengan 1.700 kebajikan dan Allah menciptakan rumah di dalam surga untuk mereka yang terbuat dari ma’nikam yang merah dengan 7.000 pintu. Pada setiap pintu itu terdapat dua tutup yang terbuat dari emas yang dipermata daripada ma’nikam yang merah”.

Dan pada Sirus salikin jil 2 hal. 12 bagian luar juga terdapat beberapa hadist tentang puasa, antara lain sebagai berikut;

Riwayat daripada Anas ra. yang diambil dari Rasulullah Saw. “Apabila seorang hamba membaca surat Al-Fatihah 7 kali pada hari pertama bulan Ramadhan, niscaya Allah akan memelihara dia daripada sakit mata pada bulan itu”.
Kata sayyidina ‘Ali ra. Bahwa Rasulullah saw. bersabda “Apabila engkau melihat sehari bulan (awal bulan hijriyyah) bacalah oleh Allahu Akbar tiga kali dan membaca doa ini;
الحمد لله الذي خلقك وقدر لك منازل و جعلك أية للعلمين

Niscaya Allah swt. memujinya didepan para malaikat seraya berkata “Hai malaikat, lihatlah oleh kalian bahwa aku telah memerdekakan dia daripada api neraka”.”

Dari beberapa hadits ini dapat kita pahami betapa besarnya cinta Allah kepada ummat Nabi Muhammad saw. Dan kita tidak boleh mensia-siakan kesempatan ini untuk mencari keridhaan Allah. Kita harus berlomba-lomba untuk meningkatkan ibadah kita demi mendapatkan apa yang kita harap kan, yakni surga Allah. 

Untuk mencapai kesempurnaan di bulan puasa kita harus menjauhkan segala makruh dan memperbanyak ibadah sunat baik pada siang maupun pada harinya. Tentu saja yang dilandasi dengan hati yang ikhlas.

Semoga ramadhan kali ini kita bisa menjadi hamba yang lebih baik dari ramadhan yang lalu. Cukup sekian dari kami, mohon maaf atas segala kekurangan dan selamat berpuasa !!!

Tag, ramadan, romadon, romadhon, romdan, ramdan, ramdhan, puase, wisol, ngambleng, inspirasi ramadan, gema ramadan, ngabuburit.

Baca Juga !!!


Terimakasih telah berkunjung.
Komentarlah yang sesuai dengan pembahasan.
Anda juga bisa memberikan kritik, saran dan masukan lainnya.
Dilarang keras membagikan link pada komentar !!!

DIMOHONKAN untuk menuliskan keyword tentang artikel pada komentar !!!

Terimakasih !!!