Saturday 27 February 2016

Kelebihan بسم الله الرحمن الرحيم -Keutamaan Bagi Orang Yang Mengamalkan Bismillah

Kelebihan بسم الله الرحمن الرحيم -Keutamaan Bagi Orang Yang Mengamalkan Bismillah, fa’edah membaca bismillah, manffaat mengamalkan basmalah, keutamaan besmeellah, hadist tentang bismillohir rohmanir rohim, cerita bismillah, sejarah, cara mengamalkan bismillah.
Sumber: Blog Bang Jal
BLOG BANG JAL™ || Sebagai ummat islam, kita dianjurkan untuk mendahulukan membaca bismillah sebelum mengerjakan segala perbuatan, kecuali pada beberapa pekerjaan yang sudah ditentukan yang dilarang membaca Basmallah bahkan diharamkan. Umumnya, alasan kenapa harus mendahulukan bismillah sebelum melakukan segala aktivitas adalah untuk mendapat berkah dari Allah, karena keberkahan itu datang dari Allah dan nama Allah ada dalam kalimat Bismillah. Pada kesempatan ini saya akan menyajikan anda tentang kelebihan dan keutamaan baik dari Bismillah itu sendiri maupun orang yang mengamalkannya.

Namun sebelum itu, ada baiknya kita mengetahui tempat-tempat yang dibolehkan membaca bismillah dan tempat yang dilarang membacanya.

Tempat Yang Dianjurkan Untuk Membaca Bismillah

Hendak masuk & keluar rumah, memakai pakaian, hendak makan & minum, hendak duduk, hendak bangun, hendak mengendarai kendaraan, hendak berjima'k dengan istri (ketika memasukkan zakar ke dalam faraj), hendak berdoa (baca juga: Tata Cara Berdoa Yang Benar Dalam Islam), hendak mengambil/menaruh sesuatu, ketika ingin bersedekah, hendak belajar/mengulang, hendak bersugi/mandi, dan masih banyak lagi tentunya pada tempat-tempat yang mengundang kebaikan kecuali pada beberapa yang dilarang. Cara mengamalkannya adalah membaca bismillah sebelum melakukan suatu pekerjaan, tepatnya beriringan dengan pekerjaan tersebut.

Tempat Yang Dilarang (tidak dianjurkan) Membaca Bismillah

Ketika membuang sampah, hendak memberi salam, hendak sembahyang, hendak buang air (didalam WC/toilet), membuang sampah, sebelum mengerjakan pekerjaan yang dilarang atau dimakruhkan dalam syara’, hendak berjudi, hendak mabuk, hendak mencuri dan lain sebagainya. Dari beberapa pekerjaan ini jika dilanggar hukumnya bisa saja makruh bisa saja haram.

Manfaat yang paling utama dari mengamalkan bismillah itu sendiri adalah seperti yang sudah saya katakan tadi yaitu mencari berkah dari Allah Swt. dan juga dapat mendatangkan pahala pada perbuatan yang dulunya berhukum mubah/harus.
Kelebihan بسم الله الرحمن الرحيم -Keutamaan Bagi Orang Yang Mengamalkan Bismillah, fa’edah membaca bismillah, manffaat mengamalkan basmalah, keutamaan besmeellah, hadist tentang bismillohir rohmanir rohim, cerita bismillah, sejarah, cara mengamalkan bismillah.
Sumber: Google Gambar

Hadist Nabi Muhammad Saw. Mengenai Bismillah

  • Tiada daripada seorang hamba yang membaca bismillah melainkan syaithan seperti hancur timah di atas api, yakni apabila kita membaca bismillah sebelum mengerjakan suatu pekerjaan, maka syaitan yang ada disamping kita akan hancur/lenyap.
  • Dari ‘Atha’ bin Jabir, berkata ia “Pada saat Bismillah diturunkan, semua awan lari ke masyrik (tempat keluar matahari), diam semua angin, bergerak-gerak laut, menanti segala binatang dan mendengar dengan telinga mereka, dirajam segala syaitan yang ada di langit dan Allah ‘Azza wa Jalla bersumpah dengan kebesaranNya, kurang lebih seperti ini ‘Apabila membaca Bismillah sebelum mengobati penyakit maka akan diberi kesembuhan, apabila dibacakan Bismillah pada suatu pekerjaan maka akan diberi berkat oleh Allah Swt.’”.
  • Kata Ibnu Mas’ud “Syaitan orang mukmin itu kurus”.
  • Kata Qiyas bin Al-Hujaj “Syaitanku berkata padaku, pada saat aku datang padamu untuk menggodamu, tubuhku seperti unta yang sangat sehat. Sekarang aku sudah seperti burung pipit”. Aku bertanya “Apa yang menyebabkan kamu seperti ini ?”. Dia menjawab “Engkau menghancurkanku dengan berzikir kepada Allah Swt.”.
  • Sabda Rasulullah Saw. “Tiada ditolak segala doa yang dimulai dengan membaca Bismillah”.
  • Pada hadist yang lain Nabi bersabda “Pada hari kiamat, umatku datang dengan membaca bismillah, niscaya timbangan amalan mereka itu berat”. Berkata umat yang lain “Apa yang menyebabkan timbangan kebaikan umat nabi Muhammad Saw. itu lebih berat ?”, para Ambiya’ pun menjawab “Karena pada permulaan kata mereka (kalam) itu ada tiga daari semua nama Allah yang maha mulia. Apabila ditaruh kalimat bismillah pada satu daun neraca (timbangan) dan amalan kejahatan segala makhluk ditaruh pada daun neraca yang lain, niscaya masih lebih berat kebajikan.
  • Sabda Rasulullah “Allah Swt. menjadikan ayat ini (Bismillah) untuk menyembuhkan segala penyakit, penolong bagi setiap obat, meng-kayakan segala yang miskin (baca juga: Kisah Ayat 1000Dinar), menutupi pintu neraka bagi yang mengamalkannya, aman daripada ditelan oleh bumi, aman dari siksa diubah wujudnya seperti binatang, aman dari tuduhan selama mereka selalu mengamalkan bismillah.
  • Sabda Nabi Saw. “Apabila seorang hamba membaca bismillah, niscaya Allah akan menyuruh malaikat Kiraman Katibin untuk menulis mereka yang membaca bismillah dengan suratan 400 kebajikan. Sub-hanallah !!!
  • Barangsiapa yang melukiskan kaligrafi Bismillah dengan indah hanya karena membesarkan nama Allah Swt. semata, niscaya akan diampunkan oleh Allah akan dosanya yang dahulu dan dosa yang belum dikerjakan.
  • Apabila salah satu dari kalian ingin menulis “بسم الله الرحمن الرحيم”, hendaklah memanjangkan segala huruf dari kalimat الرحمن serta hiaskan sebagus mungkin. Sabda Rasulullah. Pada hadis yang lain nabi bersabda “Bahwasanya Allah menghiaskan (memberi kelebihan) langit dengan Kawakib, yakni matahari, bulan dan bintang. Menghiaskan segala malaikat dengan malaikat Jibril, menghiasi surga dengan anak bidadari dan mahligai, menghiasi para Ambiya’ dengan Nabi Muhammad Saw., menghiasi segala hari dengan hari jum’at, menghiasi segala malam dengan malam Lailatul Qadr, menghiasi segala bulan dengan bulan Ramadhan, menghiasi segala mesjid dengan Ka’bah, menghiasi segala kitab (yang diturunkan kepada para rasul) dengan Al-Qur’an, menghiasi Al-Qur’an dengan BISMILLAH. Inilah yang disebut dengan 10 perkara hiasan dengan 10 perkara.
  • Barangsiapa membaca (mengamalkan) “بسم الله الرحمن الرحيم”, namanya akan ditulis oleh Allah pada pangkat “Abrar”, yakni orang yang benar-benar ta’at kepada Allah dan ia akan terlepas dari kafir (mati kafir) dan nifaq.
  • Barangsiapa yang membaca “بسم الله الرحمن الرحيم”, akan diampunkan oleh Allah SWT. dosa-dosa yang telah ia kerjakan (dosa kecil).Dan sabda Nabi Muhammad SAW. Apabila kamu hendak duduk/pergi dari suatu majelis, bacalah  “" بسم الله الرحمن الرحيم وصل الله عل سيدنا محمد وعل اله وصحبه وسل, maka apabila ada salah seorang yang ingin mengumpat dirimu dalam majelis tadi akan ditegah oleh malaikat yang dikirim oleh Allah untuk yang membacanya.
  • Ini hanya beberapa dari sekian banyak hadis-hadis nabi yang mengatakan kelebihan bagi orang yang mengamalkan bismillah dalam hidupnya sehari-hari, tidak dapat saya tuliskan semua dan ada juga beberapa hadis yang belum bisa saya pahami. Referensi artikel ini saya kutip langsung dari kitab “Sirus Salikin” jil. 1 hal. 77 bagian luarnya.
Semoga apa yang telah saya publikasikan ini bisa diambil manfaat oleh saya sendiri dan para pembaca yang budiman. Semoga Allah selalu melimpahkan rahmat dan hidayahNya kepada kita ummat islam. Amin


Tag, fa’edah membaca bismillah, manffaat mengamalkan basmalah, keutamaan besmeellah, hadist tentang bismillohir rohmanir rohim, cerita bismillah, sejarah, cara mengamalkan bismillah, setan.

Baca Juga !!!

7 Apa Komentar Anda ?

Membaca bismillah memang mempunyai banyak keutamaan.

memang gan sebaiknya untuk memulai kegiatan apapun kita harus ucap bismillah

Sangat bermanfaat sekali

mkfaishal.blogspot.com

Mulai dengan Bismillah..insya Allah berkah..


salam
Ilmu Pesugihan Cyber
www.elmu.web.id

alhamdulillah sangat bermanfaat artikelnya gan

oh ternyata ada juga perbuatan yang dilarang mengucapkan bismillah sebelumnya..
thanks gan infonya..

Sangat Bermanfaat gan

Terimakasih telah berkunjung.
Komentarlah yang sesuai dengan pembahasan.
Anda juga bisa memberikan kritik, saran dan masukan lainnya.
Dilarang keras membagikan link pada komentar !!!

DIMOHONKAN untuk menuliskan keyword tentang artikel pada komentar !!!

Terimakasih !!!