Friday 18 March 2016

Tips Berhenti Merokok

kandungan rcun rkok, efek negatif merokok, merokk dalam pandangan islam, tips unik berhneti merokok, racun berbahaya dalam roko, menjauhi rokok.
Sumber: Google Gambar

السلام عليكم ورحمة الله و بركاته

BLOG BANG JAL™ || Merokok adalah suatu hal negatif yang banyak digemari lazimnya oleh kaum pria, padahal kandungan zat kimia yang sangat mematikan banyak terkandung dalam sebatang rokok dan dapat merusak organ bagian dalam tubuh dan bahkan kejiwaan seorang perokok. Berbagai macam cara sudah dilakukan oleh pemerintah untuk mencegah/mengurangi jumlah perokok, mulai dari membuat slogan seperti berikut;
"Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin"
Sekarang sudah dilakukan cara yang baru dengan cara memberikan gambar pada bungkusan rokok serta penjelasan dari gambar tersebut. Namun biarpun begitu, sepertinya tidak dapat memberikan efek bagi perokok. Buktinya masih banyak orang yang masih mengkonsumsi rokok itu sendiri dan yang lebih parahnya lagi anak-anak dibawah umur juga ikut bersikeras mencicipi kenikmatan racun itu.

Pada kesempatan ini saya akan berbagi tips yang barangkali bisa berguna bagi anda walaupun saya masih sebagai seorang perokok, tapi karena saya pikir "Solusi itu ada pada orang yang sudah melakukan kesalahan". Kenapa saya berkata seperti itu ? Karena tidak mungkin orang yang makan garam bisa menceritakan ke-asinan-nya. Begitu pula dengan halnya merokok, solusi untuk berhenti merokok itu ada pada diri perokok itu sendiri walau terkadang mereka tidak punya kemauan untuk berhenti.
kandungan rcun rkok, efek negatif merokok, merokk dalam pandangan islam, tips unik berhneti merokok, racun berbahaya dalam roko, menjauhi rokok.
Sumber: Google Gambar

Cara Berhenti Merokok Ala BLOG BANG JAL

  • Meninggalkan Kebiasaan Merokok Sesudah Makan
Sesudah memakan/minum sesuatu adalah waktu yang sangat identik untuk menghisap rokok bagi karena dari rasa makanan dan minuman yang diminum kita ingin menetralisirnya dan mulut kita terasa entah bagaimana kalau tidak menghisap sebatang rokok. Inilah yang menjadi kendala paling utama bagi perokok sehingga mereka tidak bisa berhenti, ini juga yang disebut dengan Kecanduan.
  • Menggantikan Rokok Dengan Cemilan Lainnya
Solusi lainnya adalah mengkonsumsi cemilan setelah makan nasi, karena setelah makan nasi biasanya perokok sangat berkeingingan untuk merokok. Gantilah cemilan anda dengan makan buah-buahan, permen dan lain sebagainya. Tapi menurut saya hal ini juga tidak begitu efektif karena cemilan juga merupakan makanan yang nantinya juga harus menghisap rokok, tetapi hal ini juga sedikit berpengaruh dalam hal berhenti merokok.
  • Menggosok gigi
Untuk menghilangkan rasa-rasa dari makanan yang telah dimakan dengan gosok gigi juga sangat bermanfaat, disamping membersihkan sisa-sisa makanan pada gigi juga bisa berpengaruh pada usaha berhenti merokok. Karena merokok setelah gosok gigi sama sekali tidak enak rasanya, usahakan menggosok sampai ke lidah anda.
  • Makan Jeruk Nipis
Rasa asam pada jeruk nipis dapat menghilangkan rasa makanan dan asap rokok dicampur dengan jeruk nipis, rasanya tidak enak sama sekali.

Inti dari proses berhenti merokok adalah lakukanlah hal-hal yang tidak enak pada mulut anda jika di-kombinasikan dengan rokok. Jika anda memang benar-benar seorang perokok pasti akan mengerti.
kandungan rcun rkok, efek negatif merokok, merokk dalam pandangan islam, tips unik berhneti merokok, racun berbahaya dalam roko, menjauhi rokok.
Sumber: Google Gambar
Saya tidak mengatakan bahwa berhenti merokok itu untuk menghemat ekonomi atau semacamnya, karena bagi saya itu tidak berpengaruh sama sekali. Tapi anda juga harus punya tujuan dari usaha anda berhenti merokok. Apabila anda tidak punya tujuan dari berhenti merokok saya yakin usaha anda tidak akan berhasil, karena setiap perbuatan harus dilandasi oleh tujuannya dulu.

Saran dari saya untuk anda yang ingin berhenti merokok tetapi belum punya tujuan pasti untuk merokok;
  • Menjaga Kesehatan
Ini merupakan prioritas paling utama dari tujuan berhenti merokok, karena sudah menjadi rahasia umum bahwa rokok itu dapat merusak fungsi dan organ tubuh manusia khususnya paru-paru dan jantung. Jika anda bertujuan untuk menjaga kesehatan jasmani dan rohani anda pasti akan tergerak hati anda dan tekad anda untuk berhenti-pun semakin besar. Inilah yang menjadi modal utama bagi kita.
  • Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup Anda
Lingkungan hidup tidak hanya alam sekitar anda saja, keluarga, kerabat dan teman-teman anda juga termasuk lingkungan hidup anda. Bayangkan betapa sayangnya jika mereka harus menerima resiko dari racun asap rokok yang anda keluarkan padahal mereka bukan perokok. Ini lebih kepada sifat orang yang baik karena hidup tidak hanya mementingkan diri sendiri, orang lain juga.

Masih banyak lagi manfaat dan tujuan dari menjauhi rokok itu, dalam agama islam ada yang menfatwakan bahwa merokok itu haram ada juga yang menfatwakan makruh, tapi efeknya sangatlah besar yaitu mati tidak selamat iman. Na'uzhubillahi Min Dzalika.

Saya harap tips ini bisa memberi anda motivasi dan inspirasi untuk membantu anda stop merokok, efek merokok tidak terlihat nyata seperti kecelekaan lalu lintas, namun sedikit demi sedikit efeknya akan terlihat jelas. Berfikirlah sebelum terlambat.

Tag, kandungan rcun rkok, efek negatif merokok, merokk dalam pandangan islam, tips unik berhneti merokok, racun berbahaya dalam roko, menjauhi rokok.

Baca Juga !!!

2 Apa Komentar Anda ?

Ini dia yang kucari.. kebetulan saya mau berhenti merokok

Numpang cerita nih Bang.

Saya juga dulu perokok, mungkin udah 15 tahun lebih. Tapi, alhamdulillah, Allah mempertemukan saya dengan orang yang dapat menasehati saya dengan bijak. Nasihat yang paling saya ingat adalah tentang pandangan rokok dari segi Alquran dan Sunnah dan alhamdulillah hingga saya tulis komentar ini di blognya bang jal, saya sudah berhenti merokok 4 tahun lebih bahkan ini sudah hampir 5 tahun.
Semoga bisa istiqomah.

Tipsnya bagus juga Bang, mungkin akan lebih bagus lagi jika ada landasan-landasan religi yang bisa disisipkan.

Ya, saya tahu, beberapa ulama di Indonesia berbeda pendapat tentang rokok, tapi kalo merokok itu lebih banyak kemudhorotannya dibanding manfaatnya, saya lebih memilih meninggalkannya.

Demikian komentar dari saya dan terima kasih atas share tipsnya

Abraham Noah
@ www.sparklepush.com

Terimakasih telah berkunjung.
Komentarlah yang sesuai dengan pembahasan.
Anda juga bisa memberikan kritik, saran dan masukan lainnya.
Dilarang keras membagikan link pada komentar !!!

DIMOHONKAN untuk menuliskan keyword tentang artikel pada komentar !!!

Terimakasih !!!