Monday 23 March 2015

Tips Cara Merawat Mata Secara Alami

Tips Cara Merawat Mata Secara Alami
Sumber: Google Gambar

Assalamu'alaikum wr. wb

Bang Jal || Selamat siang sahabat bang jal, sekarang saya akan membahas mengenai tips kesehatan pada bagian mata, yang mana mata ini adalah faktor yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan untuk bisa menganalisa segala macam kejadian. Mata termasuk organ tubuh yang sensitif, untuk menjaga dan merawat mata harus dengan hati-hati sekali.

Sebagai nikmat yang diberikan Allah kepada kita, sudah sepatutnya kita mensyukuri apa yang telah diberikan, karena segala sesuatu yang telah dikaruniai oleh Allah tidak akan pernah luput daripada hikmah, baik itu hikmah di dunia maupun di akhirat.

Sebelum saya membahas cara merawat mata, ada baiknya saya paparkan bagaimana cara mensyukuri nikmat yang satu ini, karena terdapat di dalam Al-Qur'an, " Allah akan menambahkan nikmat seseorang jika ia mau mensyukurinya ".

Cara Mensyukuri Nikmat Mata !

Sebenarnya untuk mensyukuri nikmat yang telah diberikan Allah kepada manusia, sungguh tak akan pernah sanggup manusia ini melakukannya. Namun kita hanya berusaha mencari ridha Allah. Berikut cara mensyukuri nikmat mata :
  • Membaca Al-Qur'an
Allah menciptakan manusia ini hanya untuk beribadah kepada-Nya, nikmat mata yang diberikan hendaknya membergunakannya kepada hal-hal yang dianjurkan, salah satunya membaca Al-Qur'an. Ternyata membaca Al-Qur'an juga punya khasiat tersendiri bagi kesehatan mata.
  • Jangan Mempergunakan Nikmat Mata Pada Perbuatan Maksiat
Unutk mensyukuri nikmat ini tentunya kita jangan menjadikan mata ini sebagai aspek untuk melakukan maksiat terhadap Allah, karena jika Allah tidak meridhai sesuatu perbuatan manusia, maka Allah akan mencabut nikmat itu daripadanya.

Itulah sedikit dari cara mensyukuri nikmat mata dan sekarang kita beralih kepada cara merawat mata secara alami.

Tips Cara Merawat Mata Secara Alami

Sesuai dengan anjuran dokter, ada beberapa macam cara untuk menjaga dan merawat mata kita agar selalu sehat, diantaranya melalui makanan yang kita konsumsi. Berikut cuplikannya :
  • Wortel
Kenapa wortel sangat dibutuhkan oleh mata ? Seperti yang telah dikemukakan oleh tim kedokteran, wortel mengadung suatu unsur vitamin A yang berguna untuk mencegah mata dari kerabunan, katarak, dan penyakit mata lainnya.
  • Tomat
Selain dari wortel, tomat juga mengandung vitamin A seperti yang ada pada wortel, tomat juga mengadung vitamin C yang berguna untuk menjaga kesegaran mata.
  • Menkonsumsi Vitamin C
Ada banyak sayur dan buah yang mengadung vitamin C, yang berguna untuk menjaga kesehatan dan kesegaran mata, sebenarnya bukannya hanya mata, sistem imun tubuh juga memerlukan vitamin C.

Itulah sedikit dari makanan yang dianjurkan untuk merawat mata, sekarang kita kebagian hal yang harus dihindari untuk menjaga kesehatan mata.
  • Terlalu Banyak Menkonsumsi Makanan Pedas
Efek dari terlalu banya menkonsumsi makanan pedas seperti cabai dapat menyebabkan mata menjadi rabun. Makanan yang seperti ini sering kita temui saat makan bakso, karena jika tidak pedas pasti tidak seru makan baksonya.
Kenapa cabai dan merusak mata ? Sebenarnya cara ini bukan saya dapatkan dari dokter, melainkan dari teman saya yang heran melihat saya saat makan bakso yang terlalu banyak membubuhkan cabai didalamnya. Saat lidah merasa kepanasan karena pedas tadi, otomatis air mata akan jatuh, faktor inilah yang menyebabkan mata menjadi rabun.
  • Mata Yang Sering Terkena Debu
Jika mata dimasuki oleh debu, saya sarankan jangan biasakan menguceknya dengan tangan atau alat yang lain, karena dapat menyebabkan iritasi pada mata. Jika sudah terkena debu bilaslah dengan air.
  • Terlalu sering menangis
Air mata berguna untuk menjaga kelembaban pada mata, semakin banyak air mata yang keluar, semakin dekat kita dengan kerabunan bahkan sampai kepada kebutaan. Mengenai faktor ini, saya teringat Siti Zulaikha yang selalu menangis karena mengharapkan cinta dari Nabi Yusuf As. beliau buta karena setiap malam menangis.
  • Hindari mata dari cahaya langsung
Untuk menerima cahaya, mata butuh waktu untuk beradaptasi dengan segala macam cahaya, contohnya disaat bangun tidur pagi hari, mata butuh proses untuk bisa menahan masukan dari cahaya.

Dari segala yang telah saya tuliskan diatas mudah-mudahan bisa anda ambil manfaat dan jika ada kesalahan tolong anda berikan komentar yang nantinya akan saya perbaiki. Terimakasih & Wassalam.

Baca Juga !!!

10 Apa Komentar Anda ?

subhanalllah sy jarang baca al-quran.. padahal manfaatnya sgt luar biasa. gan mkasih post nya menyentuh hati. thanks gan.

min akukan kerja malam min. gimana ya biar mata aku tetep terjaga gak ada mata pandanya . .

Jika kita sering begadang, tidak ada cara menolak "mata panda" itu terjadi. itu menurut saya... :)

Bisa kasih saran min kalau buat yang sering kerja di hadapan laptop/pc? 'kan sering kena cahaya (radiasi) itu...thanks

Saran dari saya, gunakan pencahayaan pada PC anda dengan baik, jgn terlalu terang dan jarang terlalu redup.

Batasi penggunaan Laptop anda untuk menjaga kesehatan anda dan juga jarak pandangan anda saat menggunakan PC/Laptop.. hanya itu dari saya, semoga bermanfaat :)

Waduh ternyata makan pedas juga berpengaruh pada mata ya, hmm . Makasih infonya gan

saya setiap hari minum Jus Wortel 2 kali

makasih infonya gan, jadi lebih tau tips cara merawat mata secara alami hehe

Kalau ane taunya cuma memakai vitamin c doang gan..

Terimakasih telah berkunjung.
Komentarlah yang sesuai dengan pembahasan.
Anda juga bisa memberikan kritik, saran dan masukan lainnya.
Dilarang keras membagikan link pada komentar !!!

DIMOHONKAN untuk menuliskan keyword tentang artikel pada komentar !!!

Terimakasih !!!