Saturday 25 April 2015

Kelebihan Takbiratul Ihram Setelah Imam Melakukan Takbir

Kelebihan Takbiratul Ihram Setelah Imam Melakukan Takbir, Kelebihan Shalat Berjama'ah, Kelebihan Shalat Subuh Berjamaah, Kisah Abdurrahman bin Auf,  Hadist Nabi,  fadilat, faedah, kedsyatan takbiratul ikram, kedahsyatan, dahsyat.
Sumber: Google Gambar

Assalamu'alaikum wr. wb

Bang Jal || Selamat malam semuanya, Kali ini saya akan membahas sedikit tentang kelebihan-kelebihan shalat berjama'ah. Referensi ini saya temukan dalam kitab Sirus Salikin halaman 188 Jilid (Juzu') 1. Melalui hadist Rasulullah Saw. yang diriwayatkan oleh Abdur Rahman bin 'Auf. Suatu hari beliau (Abdur Rahman bin 'Auf) datang baginya perniagaan 400 unta dengan muatannya, akibatnya beliau dapat mengiringi takbiratul ihram shalat subuh berjama'ah bersama Nabi Muhammad Saw. yang menjadi imam pada saat itu karena lalai mengurus barang dagangannya. Abdur Rahman bin 'Auf megikuti shalat berjama'ah ketika rasulullah dalam keadaan ruku'. Maka ketika beliau selesai shalat berjama'ah, beliau langsung menyedekahkan 400 unta dagangannya tadi dijalan Allah.

Kemudian beliau bertanya kepada Rasulullah Saw. " Saya tadi terlambat melakukan takbiratul ihram bersama dengan imam karena saya mengurus harta perniagaan saya, lalu saya menyedekahkan semua dijalan Allah. Apakah tercapai pahala takbiratul ihram setelah imam ? " maka Rasul menjawab, " Tiada ". Beliau bertanya lagi " Ya Rasulullah, Aku sedekahkan semua harta yang saya miliki dijalan Allah, apakah tercapai pahala takbiratul ihram tadi ?" Rasul menjawab lagi, " Tiada ". Abdur Rahman bin 'Auf bertanya lagi, " Saya memiliki seorang hamba sahaya, saya merdekakan dia. Apakah tercapai pahala takbiratul ihram tadi ? ". Rasul menjawab lagi, " Tiada ". Lalu Rasulullah Saw. bersabda. " Hai Abdur Rahman bin 'Auf, jika dunia beserta isinya ini adalah hartamu kemudian kamu sedekahkan dijalan Allah, sungguh tiada tercapai akan kelebihan takbiratul ihram tadi.

Ada beberapa pelajaran yang dapat kita petik dari hadist ini :
  1. Betapa besarnya kelebihan takbiratul ihram setelah imam melakukan takbir, walaupun kita menyedekahkan semua harta kita juga tidak ada tandingannya.
  2. Abdur Rahman bin 'Auf begitu bersikeras mengejar pahala dijalan Allah.
  3. Ternyata kelebihan shalat berjama'ah sangatlah besar.
Takbiratul ihram yang saya maksudkan disini adalah takbiratul ihram setelah imam melakukan takbiratul ihram dan imam belum membacakan doa iftitah. Jika imam sudah membaca doa iftitah dan kita baru melakukan takbir, maka kelebihan yang telah saya sebutkan diatas tidak akan kita dapati.
Itulah sedikit dari saya tentang Kelebihan Takbiratul Ihram Setelah Imam Melakukan Takbir yang saya temukan dalam kitab sirus salikin ketika mengikuti pengajian di LPI. Zawiyatuddarsi, Mudah-mudahan bisa menjadi pelajaran kepada kita semua, amin yaa Rabbal 'alaamin. Terimakasih & Wassalam.

Tag, Kelebihan Takbiratul Ihram Setelah Imam Melakukan Takbir, Kelebihan Shalat Berjama'ah, Kelebihan Shalat Subuh Berjamaah, Kisah Abdurrahman bin Auf,  Hadist Nabi, fadhilah shalat berjama'ah, fadilat, faedah, kedsyatan takbiratul ikram, kedahsyatan, dahsyat.

Reference !!!

Baca Juga !!!

2 Apa Komentar Anda ?

Terimakasih telah berkunjung.
Komentarlah yang sesuai dengan pembahasan.
Anda juga bisa memberikan kritik, saran dan masukan lainnya.
Dilarang keras membagikan link pada komentar !!!

DIMOHONKAN untuk menuliskan keyword tentang artikel pada komentar !!!

Terimakasih !!!